Alat Pernapasan Pada Manusia dan Macam Macam Fungsinya

Semuanya hewan termasuk juga manusia memerlukan hawa untuk bernapas. Sistem pernafasan pada manusia terbagi dalam sebagian step dengan memakai beragam jenis organ. Nah tersebut disini organ-organ pernafasan pada manusia. Segera saja kita simak yang pertama :fungsi sistem pernapasan,manakah terjadinya gas oksigen dan karbondioksida.

Alat Pernapasan Pada Manusia dan Macam Macam Fungsinya

1.Hidung (Cavum Nasalis)

Rongga hidung termasuk juga alat pernafasan pada manusia paling luar, serta adalah alat pernafasan paling awal. Hawa keluar masuk lewat rongga hidung. Rongga hidung senantiasa lembap karna ada selaput lendir. Didalam rongga hidung juga ada rambut-rambut pendek serta halus. Selaput lendir serta rambut-rambut halus ini berperan menyaring debu serta kotoran yang masuk berbarengan hawa, menempelkan kotoran pada rambut hidung, mengatur suhu hawa pernafasan, serta mengetahui ada bau. Juga ada konka yang memiliki banyak kapiler darah yang berperan menghangatkan hawa yang masuk. Di samping belakang rongga hidung tersambung dengan nasofaring lewat dua lubang yang dimaksud choanae.

Hawa bebas bukan sekedar memiliki kandungan oksigen saja, tetapi juga gas-gas yang lain. Umpamanya, karbon dioksida (CO2), belerang (S), serta nitrogen (N2). Gas-gas itu turut terhirup, tetapi cuma oksigen saja yang bisa berikatan dengan darah. Terkecuali jadi organ pernafasan, hidung juga adalah indra pembau yang begitu peka. Dengan kekuatan itu, manusia bisa terlepas dari hirup gas-gas yang beracun atau berbau busuk yang mungkin saja memiliki kandungan bakteri serta bahan penyakit yang lain. Dari rongga hidung, hawa setelah itu bakal mengalir ke tenggorokan.

  1. Tenggorokan (Faring)

Hawa dari rongga hidung masuk ke faring. Faring adalah persimpangan pada 2 saluran, yakni rongga hidung ke tenggorokan (saluran pernafasan/nasofarings) di bagian depan serta rongga mulut ke kerongkongan (saluran pencernaan/orofarings) di bagian belakang. Di bagian belakang faring ada laring. Laring dimaksud juga pangkal tenggorok. Pada laring ada pita nada (pita vocalis) serta epiglotis atau katup pangkal tenggorokan.

Masuknya hawa lewat faring bakal mengakibatkan pita nada bergetar serta terdengar jadi nada. Pada saat menelan makanan epiglotis menutupi laring hingga makanan tidak masuk kedalam tenggorokan. Demikian sebaliknya pada saat bernapas epiglotis bakal buka hingga hawa masuk kedalam laring lalu menuju tenggorokan

Makan sembari bicara bisa menyebabkan makanan masuk ke saluran pernafasan karna saluran pernafasan ketika itu tengah terbuka. Walau bagaimanapun, saraf kita bakal mengatur supaya momen menelan, bernapas, serta bicara tidak berlangsung berbarengan hingga menyebabkan masalah kesehatan.

Peranan paling utama faring yaitu sediakan saluran untuk hawa yang keluar masuk dan sebagi jalan makanan serta minuman yang ditelan, faring juga sediakan ruangan dengung (resonansi) untuk nada pembicaraan