Pengobatan TBC pada Anak

22 December 2017 - Kategori Blog

Pengobatan tbc pada anak

Penyakit Tuberkulosis atau yang biasa disebut TB ini merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan harus ditangani dengan cara yang tepat. Bahkan penyakit yang satu ini dapat menyerang siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak,kunjungi Toko Herbal Murah

Diperkirakan ada 10-15% kasus TB yang ada di Indonesia menyerang anak-anak. yang lebih menyeramkannya lagi, WHO memperkirakan bahwa angka kematian akibat Tuberkulosis jauh lebih tinggi ketimbang penyakit AIDS ataupun malaria.

Pastinya, hal tersebut menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para ornag tua. Lalu, bagaimana penularan tbc pada anak? TBC akan menular pada anak apabila sang anak memiliki kontak yang erat dengan para penderita TBC. Oleh sebab itu, sangat penting bagi orang tua untk mengetahui secara pasti dengan siapa saja sang anak melakukan kontak sehari-hari.

Akan tetapi, apabila sang anak sudah terlanjur terserang penyakit yang satu ini. sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui gejala TBC pada anak dan segera melakukan penanganan yang tepat.

Lalu, apa sajakah ciri-ciri TBC pada anak yang wajib untuk Anda ketahui? Berikut penjelasannya bagi Anda.

  • Berat badan yang terus menurun selama 2 hingga 3 bulan berturut-turut tanpa adanya sebab yang jelas
  • Berat badan tidak naik selama satu bulan setelah melakukan perbaikan gizi
  • Anak terlihat lesu dan malas untuk melakukan berbagai macam kegiatan.
  • Mengalami batuk dengan waktu yang cukup lama yaitu 3 minggu atau lebih.
  • Mengalami demam dalam jangka waktu yang lama sekitar 2 minggu atau lebih atau demam yang berulang tanpa sebab yang jelas
  • Seringnya anak mengeluarkan keringat pada malam hari.

Tanda-tanda TBC pada anak di atas harus Anda amati dengan jelas agar bisa mengantisipasi gejala lainnya yang lebih parah. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit yang satu ini ialah dengan melakukan tes tuberculin.

Apabila hasil tes tersebut positif, maka anak harus melakukan pengobatan selanjutnya untuk mengantisipasi bertambah parahnya penyakit yang satu ini. Pengobatan TBC paru pada anak sangat difokuskan untuk penyembuhan. Oleh karena itu, sistem pengobatan TB pada anak dibagi menjadi dua. Yaitu anak yang belum menampakkan gejala apapun dan anak yang sudah dalam tahap mengidap TBC.

Bagi anak yang baru saja terinfeksi TBC maka akan diberikan obat untuk dikonsumsi selama kurang lebih hingga 9 bulan lamanya. Obat tersebut adalah obat yang berjenis antibiotic yaitu isoniazid yang umumnya diberikan untuk orang dewasa. Obat TBC yang satu ini harus dikonsumsi setiap hari.

Sementara itu, pengobatan pada anak yang telah mengidap TBC aktif harus dilakukan Dengan cara yang berbeda. Yang mana, anak dengan TBC aktif akan diberikan dua jenis obat atau lebih yang harus dikonsumsi selama sekitar 6 hingga 18 bulan lamanya. Pada anak yang mengidap TBC aktif pun tidak boleh diberikan obat yang sama dengan obat TBC untuk orang dewasa.

Pengobatan TBC ini pun harus dilakukan secara terus-menerus sampai penyakit tersebut benar-benar hilang dan pengobatan tidak boleh berhenti di tengah jalan. Nah, salah satu pencegahan TBC terhadap anak bisa dilakukan oleh para orang tua untuk benar-benar mengawasi pada siapa anak melakukan kontak.

Selain itu, menjaga nutrisi anak dengan baik merupakan salah satu pencegahan yang bisa orang tua lakukan agar anak dapat terhindar dari penyakit berbahaya yang satu ini. nah, demikian gejala TB paru pada anak beserta pengobatannya, semoga bermanfaat.

 

 

😑
☹️
😐
☺️
😍

, , , , , , , , , ,